Tuesday, October 17, 2017

Essay MM Radio



Evolusi MMTC Radio demi Eksistensi Radio

Seperti yang kita ketahui sejak zaman awal hingga zaman era digital sekarang, komunikasi merupakan pondasi utama dalam suatu rantai kehidupan. Komunikasi merupakan sesuatu yang menjadi acuan dalam menjalin tali persaudaraan, termasuk komunikasi melalui media masa. Berbicara media masa, radio merupakan salah satu media komunikasi masa yang telah ada sejak zaman dimana Indonesia masih berjuang untuk merdeka. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kehadiran radio semakin terkikis dan tenggelam dalam kemajuan zaman. Hal ini menyebabkan radio harus berevolusi untuk dapat tetap diakui. Radio  memiliki fungsi sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP), Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) dan Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK). Fungsi radio tersebut ditentukan berdasarkan siaran dan jangkauan siarannya, contohnya radio komunitas yang hanya mengudara dengan jangkauan 2,5Km dan materi siaran yang sesuai dengan target jangkauan siarannya.

            MMTC Radio merupakan salah satu radio komunitas yang bertempat dan dinaungi langsung oleh Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta. Pada awalnya, MMTC Radio merupakan radio komersil pada tahun 90-an lalu berubah menjadi radio komunitas pada tahun 2009 yang dikarenakan frekuensi dari MMTC radio terlalu jauh hingga menggangu frekuensi penerbangan. Hingga saat ini MMTC Radio tetap menjadi radio komunitas yang mengudara pada frekuensi 107.7FM dengan jangkauan 2,5Km dari Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta. Sejak awal hingga saat ini MMTC Radio tetap menggunakan ID’s yang sama yaitu “MMTC Radio, The Next Generation Channel”. 

            Sesuai dengan jangkauannya, yaitu mahasiswa dan lingkungan sekitar kampus yang didominasi generasi muda, maka MMTC Radio mengusung siaran yang bertemakan anak muda. Selain itu, MMTC Radio sendiri juga menjadi sarana informasi yang menyampaikan berita dan pengumuman langsung dari pihak kampus kepada mahasiswa khususnya mahasiswa Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta. Dengan target anak muda, MMTC Radio menetapkan 23 program radio, yang setiap programnya selalu mengikuti perkembangan zaman dan chart lagu terbaru yang tentunya menambah wawasan update dari setiap pendengarnya. Pendengar MMTC Radio sendiri disebut Tiser yang merupakan suatu panggilan khas dimana setiap radio memiliki panggilan yang berbeda.

            MMTC Radio mempunyai struktur organisasi, seperti Station Manager, Unit Manager, Sekretaris, Bendahara dan beberapa Divisi yaitu Divisi Program, Divisi Market, Divisi Pemberitaan, Divisi Kreatif, Divisi Music Director, dan Divisi Teknik. Setiap anggota dari MMTC Radio sendiri merupakan mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyarta. Mahasiswa baru tersebut akan diseleksi dan melaksanakan workshop terlebih dahulu sebelum menjadi bagian dari MMTC Radio, masa kepengurusannya pun hanya 1 tahun. Dengan demikian, maka anggota dari MMTC Radio merupakan mahasiiswa terpilih yang telah terbukti mempunyai kemampuan dalam bidang Radio, dengan tujuan agar MMTC Radio tetap menjadi Radio yang bernilai dan bermanfaat.

            Selain menjadi stasiun penyiaran, MMTC Radio juga mengembangkan sayapnya demi mendapat pemasukan lebih dan bertahan untuk menjaga eksistensinya. Strategi yang dilakukan pun beragam, mulai dari menjadi Media Partner, Sponshorship, Kantin Kejujuran, Mengadakan Lomba Nasional dan menerima job dari instansi lain yang membutuhkan MC atau yang berkaitan dengan Radio. Sesuai dengan Visi nya yaitu untuk menjunjung tinggi kualitas dan eksistensi MMTC Radio, mereka selalu berevolusi tahun demi tahunnya untuk dapat tetap dipertahankan di hati para tiser. Media partner merupakan salah satu strategi yang sangat berguna untuk saat ini, melalui media partner, MMTC Radio lebih dikenal instansi lain dan mampu menjalin tali silahturahmi di setiap kegiatan yang telah diadakan oleh instansi lain. Sponsorship juga dapat menjadi salah satu alasan MMTC Radio selalu ditunggu dan dicari, karena saat ada event-event terbaru khususnya di Yogyakarta, maka MMTC akan dihubungi untuk melaksanakan kontrak sponsorship melalui radio dan sosial media yang dimiliki MMTC Radio.

            MMTC Radio juga mengadakan PARD #5 yaitu perlombaan announcer nasional yang telah diadakan sejak tahun 2013. Lomba ini akan diikuti oleh berbagai kalangan, dari SMA dan Mahasiswa yang bertempat di Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta. Dengan adanya acara ini pun membuktikan bahwa MMTC Radio bukan hanya sekedar Radio Komunitas  yang ada di kampus, melainkan Radio penyiaran yang terbukti mampu mempertahankan eksistensinya dan mengikuti zaman. MMTC Radio juga menjadi The Next Generation Channel yang akan menjadi bagian dari anak muda zaman sekarang. Semua usaha tersebut merupakan usaha untuk menjaga eksistensi dari MMTC Radio. 

            Dengan begitu, dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa sejatinya Radio masih mampu bertahan dari kemajuan zaman. Hal itu bisa dilihat dari perubahan MMTC Radio dari komersil menjadi komunitas, manajemen produksinya dan program serta strategi yang telah dilaksanakan. MMTC Radio juga mampu mengikuti perkembangan lagu dan kabar terupdate masa kini, MMTC Radio mampu melebarkan sayapnya melampaui udara dan membuktikannya dalam kegiatan nyata. Maka, MMTC Radio membuktikan bahwa radio pantas untuk dijaga eksistensinya di era sekarang ini,  sebagai sarana informasi dan media komunikasi masa yang mampu mengayomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat, dan bersahabat bagi penderita tunanetra maupun buta huruf . Radio juga mampu menjadi pilihan disaat kita sangat membutuhkan informasi atau sekedar hiburan dikala tidak ada tv, koran, gadget dan kuota. Dengan demikian, marilah kita jaga eksistensi radio dan setia untuk mendengarkannya, khususnya MMTC Radio.


Sumber: MMTC Radio
Load disqus comments

0 comments