Tuesday, October 17, 2017

Penggunaan TI dalam Bidang Edukasi



PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG EDUKASI (DUNIA PENDIDIKAN)

       Saat ini kemajuan teknologi dan informasi merupakan sebuah kenyataan perkembangan peradaban dunia yang memberikan banyak akses bagi terjadinya perubahan pola kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang. Kondisi tersebut, turut pula menjadi pemicu bagi upaya-upaya perubahan dalam sistem pembelajaran atau pendidikan. Yakni upaya untuk melepaskan dunia pendidikan dari kungkungan model pembelajaran konvensional yang cenderung memaksa anak didik untuk mengikuti pembelajaran yang semakin hari semakin tidak menarik dan membosankan. Sehingga, dengan meminjam ungkapan Paulo Fraire, sekolah tidak lebih merupakan bangunan tembok penjara yang menjerat penghuninya (para siswa) untuk senantiasa mengikuti dan menerima dengan patuh semua ajaran yang terdapat di dalamnya. Senada dengan maksud Freire, Neil Postman, seorang filosof dan pakar pendidikan, mencemaskan pola kehidupan lembaga-lembaga pendidikan yang dianggapnya semakin teralienasi dari kultur dan kemajuan masyarakat yang kian dinamis, sehingga ia sampai kepada taraf asumtif bahwa nilai-nilai pendidikan sekarang telah mengalami kematian (stagnan).

       Pada dunia pendidikan yang saat ini juga telah diperkenalkan pada pendidikan yang berbasis teknologi informasi atau yang mungkin pernah kita dengar dengan istilah e-learning. Pemanfaat teknologi informasi pada dunia pendidikan bertujuan untuk mengoptimalkan proses belajar – mengajar yang selama ini hanya dilakukan secara konvensional melalui tatap muka serta tugas mandiri. E- learning memungkin proses belajar – mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja selama masing – masing pihak baik pengajar maupun siswa memiliki perangkat yang mendukung antara lain sebagai berikut :

1.Komputer / Laptop
images 
download 
2.Modem sebagai alat yang menghubungkan komputer dengan jaringan internet.
download (1)
3.Akses internet baik berupa ISDN, Broadband, Mobile, dan lain – lain.

       E-learning sebagai bentuk pemanfaatan teknologi informasi pada dunia pendidikan dapat dirancang untuk memfasilitasi proses belajar – mengajar seperti tutorial online, diskusi melalui sebuah forum, serta kegiatan – kegiatan pembelajaran yang bersifat interaktif. Disamping itu sistem ini bahkan dinilai lebih efisien dibandingkan proses pendidikan secara konvensional karena tidak begitu banyak membutuhkan sarana atau fasilitas penunjang.

       Bahkan lebih lanjut lagi, sistem tersebut dapat pula dikembangkan sebagai sebuah sistem manajemen pendidikan yang terintegrasi dimana disamping berfungsi sebagai media belajar – mengajar, sistem ini dapat juga berfungsi sebagai sistem database sekolah yang menampung data – data penting berupa : data siswa dan pengajar, data penting sekolah, manajemen keuangan sekolah, dan sebagainya.
Jadi, penerapan teknologi informasi pada dunia pendidikan jelas – jelas memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan mutu pelaksanaan proses pendidikan itu sendiri. Sekarang tinggal bagaimana paradigma para pelaku pendidikan untuk segera mengadopsi sistem yang bermanfaat ini.
Load disqus comments

0 comments