Thursday, October 5, 2017

Tari Mayang Rontek berasal dari Mojokerto




Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki berbagai ragam corak budaya, karya leluhur dan memiliki nilai-nilai sejarah. Salah satunya adalah busana Tari Mayang Rontek. Tari Mayang Rontek merupakan tari pelengkap yang dijadikan sebagai tari pembuka dalam sebuah prosesi Pengantin Mojoputri. Untuk mengetahui latar belakang terciptanya busana Tari Mayang Rontek dan bentuk busana Tari Mayang Rontek, maka perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

1) Latar belakang penciptaan busana Tari Mayang Rontek
2) Bentuk Busana Tari Mayang Rontek.

Bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengukur keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa busana tari mayang rontek dipengaruhi oleh masuknya budaya islam ke tanah jawa. 

Hal ini dapat diketahui dari bentuk visual busana tari mayang rontek yang tertutup. Bentuk busana tari mayang rontek terdiri dari busana pokok, busana pelengkap dan aksesoris. 
Busana pokok tari mayang rontek terdiri dari kebaya dan kain panjang. sedangkan busana pelengkapnya terdiri dari kerudung, rapek, kain wolo, dan ilat-ilatan. Aksesoris busana tari mayang rontek meliputi sanggul. jamang. rontek. giwang. kalung susun, dan sabuk pendhing.

Nah cukup sekian pengenalan tentang Tari Mayang Rontek dari Mojokerto, Jawa Timur, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kesenian tradisional di Indonesia.



CINTAI DAN LESTARIKAN BUDAYA KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA!
Load disqus comments

0 comments